Silaturahmi Alumni Ponpes Miftahul Falah dalam Menguatkan Ahlussunnah wal Jamaah

LAMPUNG TIMUR– Organisasi alumni Pondok Pesantren Miftahul Falah, Lampung Timur, akan mengadakan reuni akbar dan halal bihalal pada 20 Mei 2021 besok. Kegiatan itu akan digelar di Pondok Pesantren Assya’roniyyah, Sukosari, Teluk Dalem, Kecamatan Mataram Baru, Lampung Timur.

Reuni akbar ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan dua tahun sekali oleh alumni Ponpes Miftahul Falah, yang tergabung dalam Kebangkitan Alumni Miftahul Falah (Kamilah).

Pada tahun ini kegiatan dibarengi dengan halal bihalal dengan para romo yai dan asatidz (pengajar) di pondok pesantren.

Adapun tema dalam kegiatan ini adalah “Silaturrahmi Alumni, Jadikan Wasilah Penolak Pandemi Covid-19 Bersama Kamilah Meraih Hidup Berkah”.

“Pada acara tersebut juga akan diberikan SK Pengurus Cabang Kamilah se-Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Sebagai upaya penguatan silaturrahmi antar alumni Pondok Pesantren Miftahul Falah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar Kamilah, Arjuna Polani.

Dengan dibentuknya pengurus cabang Kamilah tingkat kabupaten/kota se-provinsi Lampung dan di luar Lampung. Nantinya akan menjadi sarana perpanjangan tangan untuk bisa merealisasikan program tiga visi dari kamilah. Melalui agenda wajib menggelar rapat kordinasi minimal satu kali dalam setahun.

Ketua umum Kamilah, M. Rifai Aly, mengatakan, selain silaturrahmi antar alumni, kegiatan ini juga merupakan penguatan tugas visi utama Kamilah. “Yaitu penguatan aqidah ahlussunnah wal jamaah, pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatan teknologi informasi,” katanya.

Rifai menambahkan, akidah ahlussunnah wal jamaah harus ditekankan para alumni kepada masyarakat di sekitarnya seperti yang diajarkan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari.

“Ini penting dalam mencegah adanya paham-paham yang radikal dengan menggunakan kekerasan di ajaran Islam, serta agar mengikuti perkembangan zaman dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Pemberdayaan ekonomi dalam segala sektor untuk menguatkan perekonomian ummat,” paparnya.

Kegiatan ini karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 tetap menggunakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, dan menjaga jarak.

(Dian Ramadhan)