Pemuda Lintas Agama Gelar Diskusi Pancasila sebagai Perekat Bangsa

MESUJI-– Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Komunitas Half Galeri dan Rumah Baca Kabupaten Mesuji menggelar diskusi yang melibatkan organisasi pemuda lintas agama, Rabu 7 Juni 2020.

Diskusi dengan tema “Pancasila perekat yang tercerai dalam perspektif pemuda antar umat beragama” Itu dilaksanajan di Taman Kehati Desa Mekar Sari Kecamatan Tanjung Raya.

Organisasi pemuda yang turut serta dalam diskusi tersebut lintas agama diantaranya Persatuan Pemuda Batak, Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Ansor, dan PWI.

Wakil Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Mesuji,
Latiful Wahid, mengatakan, Pancasila sebagai ideologi tengah yang merajut kebhinekaan.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk. Terdiri dari banyak suku, budaya, ras dan agama. Pancasila-lah yang mampu merajut kebhinekaan itu,” katanya.

Dia menegaskan, GP Ansor merupakan organisasi pemuda yang selalu aktif menyuarakan komitmen kesetiaannya terhadap Pancasila, negara kesatuan Republik Indonesia, dan nilai-nilai toleransi.

“Sebagai perwakilan GP Ansor Mesuji saya coba menawarkan untuk membumikan nilai Pancasila di Mesuji. Menawarkan toleransi atas keberagamaan yang ada dengan cara membuat tempat ibadah agama lain di samping islamic centre yang akan di bangun di jalan lintas timur sumatera. Sehingga diharapkan Mesuji bisa menjadi “ikon” Pancasila di Lampung,” papar Dosen Universitas Megow Pak Tulang Bawang ini.

Pegiat Komunitas Half Galeri dan Rumah Baca Kabupaten Mesuji adalah organisasi pemuda yang diketuai Jaun Situmorang, yang juga Ketua DPC Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Mesuji. Sekretarisnya adalah Fajarullah, Ketua Pemuda Muhammadiyah Mesuji

(Ahmad Lutfi)