Ketua Lazisnu Way Kanan Raih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

WAY KANAN– Ketua Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Way Kanan Abdullah Candra Kurniawan meraih penghargaan  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebagai terbaik kelima tingkat nasional kategori lurah/kepala desa.

Penghargaan itu diberikanatas dedikasi dalam upaya merubah perilaku masyarakat yang higenis dan saniter melalui pendekatan STBM 2020.

Acara yang digelar bersama rapat koordinasi nasional (Rakosnas) STBM ke-4 tahun 2020 berlangsung secara virtual. Di Way Kanan kegiatan digelar bersama pemerintah terkait di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Jum’at, (13/11/2020).

Kemenkes RI melalui dirjen kesehatan masyarakat memberikan penganugeraan atau penghargaan STBM Award kategori lurah/kepala desa kepada 72 orang di seluruh Indonesia. Salah satu diantaranya yakni Kepala Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung, Abdullah Candra Kurniawan yang meraih terbaik kelima nasional.

Selain itu juga Kepala Kampung Bali Sadhar Utara Kecamatan Banjit meraih penghargaan kategori Natural Leader.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Abdullah Candra Kurniawan yang secara simbolis dan diserahkan oleh Pjs. Bupati Way Kanan, Mulyadi Irsan didampingi Sekda Way Kanan, Saipul, dan Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Anang Risgiyanto, saat mengikuti Rakornas STBM ke 4 Tahun 2020.

Candra Kurniawan mengaku merasa bersyukur atas penghargaan tersebut. Ia mengaku hal itu didapatkan tidak lepas dari dukungan masyarakat serta bimbingan dari UPT Puskesmas Bumi Baru, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk kedua almarhum dan almarhumah orang tua saya serta seluruh masyarakat Bumi Baru khususnya,” ungkap Candra di Bumi Baru, Blambangan Umpu.

Kendati demikian Candra tetap rendah hati, ia berharap para masyarakat, tokoh adat, pihak pemerintah, serta orang-orang sekitar selalu memberi masukan, kritikan, dan terus mensupport. Ungkapan terima kasih ia sampaikan kepada lapisan masyarakat di Bumi Baru atas mekompakan dan kebersamaan selama ini untuk membangun kampung menjadi yang lebih baik. Kepada jajaran Pemda Way Kanan, terutama kepada Bupati, Sekda, Kadis Dinkes, Camat Blambangan Umpu, serta Kepala Puskesmas Bumi Baru atas bimbingan selama ini.

“Semoga dengan diraihnya penghargaan ini, Kampung Bumi Baru bisa lebih meningkatkan lagi rasa peduli terhadap lingkungan dan kebersamaan bergotong-royong dalam menuju hidup yang lebih sehat dan meningkatkan rasa saling memiliki dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi,” demikian Demisioner Bendahara PC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Way Kanan periode 2014-2018 itu berharap.

(Disisi Saidi Fatah)