KBNU Bandar Negeri Suoh Dukung Penuh Kehadiran Pesantren Hikmatul Hidayah

LIWA— Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Majelis Wakil Cabang (MWC) Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat, mendukung penuh atas diresmikannya pondok pesantren Hikmatul Hidayah, Minggu, 4 April 2021.

Hikmatul Hidayah merupakan pesantren yang berdiri dan dirintis oleh Muharir. Ia merupakan sosok kharismatik dan aktif dalam setiap kegiatan NU, khususnya di MWC Bandar Negeri Suoh.

Pesantren ini berada di Desa Sukajadi 1, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat.

Perwakilan KBNU Bandar Negeri Suoh, Ahmad Yasir Hadinroto, kepada nulampung.or.id di pondok pesantren, mengatakan, keberadaan yayasan pondok pesantren ini diharapkan menjadi wasilah dalam membentuk generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan dakwah Islam ahlussunah waljamaah.

“Didirikannya Ponpes Hikmatul Hidayah diharapkan akan meneruskan perjuangan pewaris para nabi,” kata Yasir.

KBNU Bandar Negeru Suoh juga berharap Ponpes Hikmatul Hidayah dapat menerapkan kurikulum yang sejalan dengan kebutuhan zaman. Sehingga dapat mengakomodir kebutuhan santri dalam mengarungi modernisasi, baik dari sisi agama maupun ilmu pengetahuan umum.

“Bagi para santri, jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang didapat,” tegas Ahmad Yasir.

Ia menambahkan, kebutuhan akan ilmu di masa mendatang tidak cukup dengan kemampuan tradisional. Dibutuhkan keahlian modern abad ke-21 yang akan mendorong para santri untuk menjadi pionir penjaga dan pendukung pembangunan bangsa.

Sejalan dengan harapan tersebut, Gus Harir, sapaan akrab Muharir, selaku pengasuh Ponpes Hikmatul Hidayah juga berencana untuk menerapkan kurikulum yang seimbang, antara ngaji kitab dengan ngaji teknologi.

“Setelah kegiatan peresmian pondok, kita akan adakan pelatihan komputer bagi para santri,” ungkapnya.

Ia menyadari, dunia modern membutuhkan sosok yang cerdas, baik secara spiritual maupun intelektual. Ia menginginkan para santrinya dapat menjadi generasi yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Untuk kebutuhan peralatan dan perlengkapan yang menunjang ngaji teknologi, Gus Harir mengatakan, ia akan bekerjasama dengan KBNU serta Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Baitul Ulum Kecamatan Suoh.

Ia berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak dalam mendorong kemajuan pesantren.

(Ulil Hidayat)