Hari ini, JRA Lampung Tengah Pelatihan Praktisi Ruqyah Aswaja

LAMPUNG TENGAH – Hari ini, Sabtu (21/11/2020), Jam’iyyah Ruqyah Aswaja an Nahdliyah (JRA) Kabupaten Lampung Tengah, kembali menggelar pelatihan praktisi Ruqyah Aswaja. Kegiatan tersebut dilaksanakan di komplek Pesantren Darul Hidayah Kampung Uman Agung, Kecamatan Bandar Mataram.


Ketua PC JRA Kabupaten Lampung Tengah, Kiai Budi Prasetyo, mengatakan, adapun materi-materi pelatihan ada 13 tema utama. Diantaranya adalah mengenal sejarah ruqyah, sejarah dan hukum ruqyah, mengapa harus ruqyah aswaja, prinsip pengobatan dalam islam dan cara meruqyah penyakit medis.

Kemudian ada juga materi hubungan penyakit dan perilaku manusia, tanda-tanda orang yang terkena sihir atau diganggu oleh jin, mengenal jenis-jenis jin, serta cara jin masuk ke tubuh dan cara mengatasinya.

“Kami juga menyampaikan materi tentang macam-macam reaksi ketika di ruqyah dan penyebabnya, cara menetralisir tempat dan rumah angker. Juga metode agar jin yang pernah mendiami tubuh tidak kembali lagi,” katanya.

Adapun tema kegiatan ini adalah Terwujudnya Dakwah Al Quran Bil Ruqyah yang Rahmatan Lil ‘Alamin.

Sementara syarat mendaftar pelatihan ini adalah nuslim, berakidah ahlussunnah wal jamaah, bermadzhab Imam Syafi’i, dapat membaca Al Quran dengan benar. Kemudian menyerahkan foto copi KTP dan membayar uang pendaftaran Rp 350 ribu.

(Akhmad Syarief Kurniawan)