Gelar Rakercab, GP Ansor Pringsewu Prioritaskan Program Penataan Potensi Kader

PRINGSEWU – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pringsewu menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang pertama di Aula Gedung PCNU setempat. Ahad (01/12/19).

Selain untuk mengkonsolidasikan pengurus di tingkatan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Anak Cabang (PAC), kegiatan Rakercab merupakan hal mendasar yang sangat diperlukan bagi organisasi untuk merumuskan dan menentukan arah kebijakan Ansor dalam satu tahun ke depan.

Kegiatan yang diikuti oleh tujuh PAC se-Kabupaten Pringsewu dan delapan Struktural Bidang di Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pringsewu ini, membahas, merumuskan dan menentukan program-program kerja prioritas untuk jangka waktu satu tahun kedepan.

Ketua GP Ansor Kabupaten Pringsewu, M. Dariyanto menjelaskan, Rakercab sangat perlu dilaksanakan sebagai dasar organisasi dalam melangkah dan bergerak sehingga setiap pergerakan yang dilakukan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

“Rakercab ini momen yang sangat penting bagi organisasi. Apa yang mau kita lakukan kedepan maka pijakannya adalah hasil dari Rakercab ini,” kata Dariyanto.

“Keputusan-keputusan yang nanti kita bahas, kita rumuskan dan kita tentukan. Itulah yang akan kita lakukan dalam pergerakkan organisasi untuk satu tahun ke depan ini. Saya tidak akan menjalankan program-program yang tidak masuk dalam hasil Rakercab ini kecuali memang itu sifatnya insidentil dan urgen,” imbuhnya.

Ada 30 lebih program kerja prioritas yang telah disepakati dalam Rakercab tersebut dan yang paling dominan atau diprioritaskan dari semua program tersebut adalah berkaitan dengan penataan potensi kader Ansor dan Banser.

Program prioritas tersebut diambil berdasarkan hasil masukan dan pembahasan yang dilakukan oleh delapan struktural bidang yang dimiliki oleh GP Ansor Kabupaten Pringsewu, yaitu Bidang Organisasi, Bidang Kaderisasi, Bidang Kajian Keagamaan, Bidang Infokom, Bidang Hubungan antar Lembaga, Bidang Perekonomian, Bidang Analisis Data dan Potensi Kader, Bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja serta Bidang Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup ditambah masukan dari utusan-utusan Pimpinan Anak Cabang.

Sekretaris GP Ansor Pringsewu, Henudin membenarkan bahwa program prioritas untuk satu tahun kedepan memang difokuskan pada penataan potensi kader sehingga targetnya adalah siapa bisa melakukan apa berdasarkan potensi yang dimiliki masing-masing kader.

“Kalau program yang dihasilkan dari Rakercab ada sekitar 30-an program, dari program-program tersebut ada program yang paling dominan berdasarkan masukan semua Struktural Bidang kami yaitu penataan potensi kader. Target yang ingin dicapai adalah agar siapa bisa melakukan apa sesuai dengan potensinya masing-masing,” jelasnya.

Rencananya, kegiatan Rakercab akan digelar setiap satu tahun sekali guna untuk mengevaluasi dan menindaklanjuti program-program yang sudah dan belum dijalankan secara optimal.

Oleh karena itu Rakercab tahun ini mengambil background Rapat Kerja Cabang I PC GP Ansor Kabupaten Pringsewu Masa Khidmat 2019-2023. (henudin)