foto poskotanews//

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa

BANDAR LAMPUNG – Jika tak terkendala, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal puasa, Selasa (15/5) sore ini.  Mereka menetapkan 32 titik pemantauan atau Rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin berharap umat tidak mempermasalahkan bila ada Ormas yang sudah memastikan awal puasa lebih dulu. “Itu tidak menjadi masalah,” katanya, Senin (14/5).

Muhammadiyah Amin menjelaskan, berdasarkan Fatwa MUI No 2/2004 dinyatakan bahwa Kemenag diamanatkan untuk menggelar sidang isbat. Sidang isbat dilaksanakan untuk memutuskan atau menetapkan awal Ramadan, awal Syawal, dan awal Zulhijjah.

Untuk mendukung proses sidang isbat, Kemenag juga melakukan Rukyatul hilal. Total ada 32 titik Rukyatul hilal yang sudah disiapkan. Diantaranya di Tanjung Kodok Lamongan, pantai Serang di Blitar, Pantai Pacinan di Bondowoso, serta di Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag A. Junaidi mengatakan hasil Rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal akan dimusyawarahkan di sidang isbat.

“Kemudian dalam sidang Isbat diputuskan penetapan awal Ramadan,” katanya seperti diwartawakan jpnn.com.

Secara teknis rangkaian sidang isbat dimulai pukul 16.00 dengan paparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Kemudian sidnag isbat dilaksanakan pada malam hari setelah salat Maghrib. Seperti tahu -tahun sebelumnya, proses sidang isbat digelar tertutup. (red)

Beritahu temanmu dengan membagikannyaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on YummlyShare on StumbleUponShare on RedditPin on PinterestEmail this to someoneDigg this