qadha shalat

Sholat Witir Setelah Sholat Tahajud

Saya mau tanya bisa tidak menjalankan salat witir di waktu tengah malam padahal di waktu salat tarawih juga laksanakan salat witir. Mohon penjelasannya.

Pengirim: 085779648xxx

Jawab
Dalam satu malam sholat witir hanya boleh di laksanakan sekali sehingga bagi orang yang telah melaksanakan shalat witir terlebih dahulu (seperti yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan) maka tidak perlu baginya untuk mengulang kembali shalat witir, bahkan menurut sebagian pendapat, mengulang shalat witir dihukumi tidak sah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Syekh Ibrahim al-Baijuri: “Disunnahkan menjadikan shalat witir padasebagai akhir shalat malam, berdasarkan Hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim: “Jadikan shalatmu yang paling akhir di waktu malam berupa shalat witir” Apabila ia ingin melaksanakan shalat tahajud, maka sahalat witirnya diakhirkan setelah tahajud. Namun jika ia melakukan ssalat witir lebih dulu kemudian baru melakukan sholat tahajud, maka dia tidak disunnahkan mengulang shalat witir, bahkan (Menurut sebagian pendapat) tidak sah jika diulang, berdasarkan hadits: “tidak ada pelaksanaan shalat witir dua kali pada satu malam” (Hasyiyah al-Baijuri, juz 1, hal. 132)

Referensi
Hasyiyah al-Baijuri, juz 1, hal. 132

ويسن جعله آخر صلاة الليل لخبر الصحيحين: اجعلوا آخر صلاتكم من الليل وترا. فإن كان له تهجد أخر الوتر إلى أن يتهجد، فإن أوتر ثم تهجد لم يندب له إعادته، بل لا يصح، لخبر : لا وتران في ليلة اهـ
Syekh Muhammad bin Abdurrahman, Rahmah al-Ummah, hal. 55
وإذا أوتر ثمّ تهجّد لم يعده على الأصح من مذهب الشافعى ومذهب أبي حنيفة

dijawab oleh KH. Munawir ketua LBM NU Lampung