foto liputan6.com

Sekjend PBNU: Tiga Kunci Sukses Keutuhan Indonesia

LAMPUNG TENGAH- Sekretaris Jendral (Sekjend) Pengurus Besar Nahdlatum Ulama (PBNU) Helmy Faisal Zaini saat mengahadiri pembukaan membukankonferensi Wilayah (Konferwil) X Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)Lampung, Kamis (8/3/18), di Ponpes Darussa’adah Lampung Tengah, mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang dilirik oleh negara-negara di dunia dalam hal merawat kebhinekaan.

 

Pasalnya, Indonesia dengan berbagai macam suku, agama dan budayanya tidak menjadikannya terpecah belah, namun justru menjadikannya bersatu dan kuat.

 

“Ada tiga kunci sukses kenapa bangsa kita ini kuat dan bahkan menjadi contoh bagi negara-negara lain didunia,” katanya.

 

Pertama, lanjut Helmy, Islam Indonesia mengajarkan ukhuwah Islamiyyah. Hal ini mengajarkan kepada semua ummat islam indonesia untuk saling menjaga dan mempererat silaturrahmi, sehingga tidak mudah terpwcah dan diadu domba.

Kedua Islam Indonesia mengajarkan ukhuwah insaniyyah, yakni saling membantu sesama manusia.

 

“Kalau kita akan membantu seseorang yang butuh bantuan, tidak mungkin kita menanyakan dulu apa agamanya?  dan apa partainya?, tapi siapa saja berhak untuk dibantu tanpa memandang agama ataupun kelompok, tapi semata karena sesama manusia,” terangnya.

 

Ketiga, kunci sukses keutuhan bangsa Indonesia adalah adanya ukhuwah wathoniyah, yakni rasa cinta dan memiliki tanah air yang melekat dalam jiwa setiap warga negara.”NU menjadi tulang punggung penyangga keutuhan NKRI, karena bagi NU ketiganya adalah merupakan keniscayaan adanya,” pungkasnya.(Sunarto)

Beritahu temanmu dengan membagikannyaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on YummlyShare on StumbleUponShare on RedditPin on PinterestEmail this to someoneDigg this