images (5)

Pentingnya TPQ Bagi Generasi Milenial

Pentingnya TPQ Bagi Generasi Milenial

Oleh : Laila Shofia Nazah

DI ZAMAN yang sudah berkembang ini, ada sebagian orang tua yang kurang memperhatikan betapa pentingnya lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) bagi anak-anaknya.

Hal ini bisa dilihat di beberapa desa yang orang tuanya hanya mengarahkan anaknya untuk les di bidang-bidang tertentu seperti piano, menyanyi, menari, sepak bola, dan lain sebagainya. Sedangkan pendidikan agamanya masih kurang asupan, sekalipun sudah banyak TPQ yang berdiri dan siap mendidik dalam hal agama.

Apalagi ditambah dengan adanya beberapa sekolah yang sudah menerapkan full day school. Para generasi milenial tidak lagi bisa pergi ke TPQ untuk belajar agama. Kemungkinan kelelahan dan jenuh bisa membuatnya enggan untuk pergi ke TPQ. Terlebih jika belum ada arahan yang serius dari kedua orang tuanya.

Namun, di sebagian desa lainnya, masih ada orang tua yang mengarahkan anaknya untuk mempelajari agama, terutama Al-Qur’an di TPQ. Para generasi milenial berduyun-duyun pada sore hari untuk berangkat ke TPQ dan belajar agama. Namun sayangnya tradisi mengaji di TPQ ini bisa berhenti ketika mereka lulus dari sekolah dasar. Karena mereka menganggap TPQ hanya untuk anak-anak.

Sudah selayaknya TPQ menjadi lembaga untuk menambah pengetahuan keagamaan bagi para generasi milenial ini, baik itu tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. TPQ merupakan lembaga yang mengajarkan dasar-dasar agama pada para generasi milenial, sehingga bisa berguna di kehidupannya yang akan datang. Entah apapun profesinya nanti, dasar-dasar agama ini sangat berguna bagi setiap generasi milenial.

Sekalipun fasilitas di TPQ tidak selengkap lembaga pendidikan formal, lembaga ini tetap penting bagi perkembangan generasi milenial. Jika kita perhatikan dengan seksama, TPQ merupakan lembaga yang sangat penting bagi generasi milenial, karena di TPQ-lah anak-anak bisa mengerti bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Kemampuan membaca Al-Qur’an akan menjadikan generasi milenial menjadi orang-orang yang realistis sesuai dengan agamanya.

Di TPQ tidak hanya belajar membaca Al-Qur’an, tetapi juga ada materi tentang bagaimana wudlu dengan baik dan benar dan juga bagaimana tata cara shalat, baik shalat wajib ataupun shalat sunah.

Di TPQ juga diajari bagaimana cara bersikap kepada kedua orang tua, yaitu dengan cara kita tidak berkata kasar dan selalu menghormatinya. Begitu juga di hadapan guru. Jika bertemu dengan guru, kita harus bersikap sopan dan santun. Kepada teman sebaya juga diharuskan bersikap demikian. Karena teman sebaya adalah termasuk orang yang bisa mengerti keadaan kita.

Dengan mementingkan antara pendidikan agama yang berada di TPQ dan pendidikan umum di lembaga nonformal, maka para orang tua bisa berharap untuk membentuk kepribadian anaknya menjadi muslim dan warga negara yang baik dan unggul dalam ilmu agama dan juga umumnya yang akan sangat berguna bagi masa depannya. (*)

*) Penulis adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta

Beritahu temanmu dengan membagikannyaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on YummlyShare on StumbleUponShare on RedditPin on PinterestEmail this to someoneDigg this