ichwan adji wibowo, ketua tanfidziah nu kota bandar lampung

PCNU Bandar Lampung Menilai Sukmawati Telah Mengacaukan Prinsip Keberagamaan

BANDAR LAMPUNG- Terkait beredarnya video puisi Sukmawati yang dinilai banyak kalangan terkesan mendiskriditkan bahkan menistakan golongan agama tertentu. Banyak kalangan menyebut apa yang dilakukan Sukmawati dapat merusak ukhuwah kebangsaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Bahkan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandar Lampung menilai apa yang dilakukan Sukmawati dengan puisinya telah mengacaukan prinsip kebergamaan yang seharusnya dijunjung tinggi.

Hal itu dikatakan ketua PCNU Ichwan Adji Wibowo, Rabu,(4/4/18). “Sukmawati terlalu ceroboh dan ketidakpahamannya terhadap agama berpotensi merusak ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah islamiyah. Meski itu sebuah ekspresi berkesenian tetapi Sukmawati telah mengacaukan prinsip keberagamaan yang semestinya dijunjung tinggi, ini menandakan ketidakpahaman sukmawati terhadap proses sublimasi keislaman dan keindonesiaan yang sudah di bangun para ulama pendiri bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut Adji menyatakan bahwa semestinya antara kebudayaan dan keberagamaan bukan untuk saling meniadakan atau dipertentangkan. “Dia (Sukmawati) terlalu ceroboh akan hal ini, dan dia harus menanggung pelajaran paling penting dalam hidupnya,” tambahnya.

Namun demikian, ketua ISPI Lampung tersebut meminta kepada masyarakat, khususnya ummat Islam agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi, dan meminta kepada penegak hokum untuk lebih responsive terhadap permasalahan tersebut.

“Saya yakin umat sekarang sudah semakin cerdas, dan institusi penegak hukum, kepolisian juga harus semakin profesional dengan merespon hal hal seperti ini dengan lebih cepat,” pungkasnya. (Sunarto)

Beritahu temanmu dengan membagikannyaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on YummlyShare on StumbleUponShare on RedditPin on PinterestEmail this to someoneDigg this