IMG-20180411-WA0131

Ketua PWNU Lampung : Sanad Merupakan Tolok Ukur Kesahihan Dalam Beragama

METRO-Ketua PWNU Lampung, KH Mohammad Mukri mengingatkan pentingnya sanad (silsilah) keilmuan dalam berislam karena  merupakan tolok ukur kesahihan dalam beragama. Hal itu disampaikannya saat hadir pada peringatan hari lahir (Harlah) NU ke-95 Pengurus Cabang NU (PCNU)  Kota Metro, Rabu (11/4/18) malam.

Beliau mengingatkan bahwa saat ini bermunculan berbagai macam kelompok, paham dan aliran dalam Islam yang tidak memiliki sanad jelas dan patut dipertanyakan kebenarannya.

“Islam ala NU dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan karena sanadnya bersambung sampai Rasulullah SAW. Beragama ala NU sanadnya dipelihara secara berkesinambungan sampai para imam mazhab oleh para ulama dan kiai,” jelas profesor bidang Ilmu ushul fiqh tersebut.

Pria yang akrab disapa Prof Mukri ini juga menambahkan bahwa ber-NU tidak hanya beramaliah saja seperti tahlilan, istighotsah, shalawatan dan sejenisnya. Namun menurutnya ber-NU juga mencakup fikrah (mindset), harakah (gerakan) dan ghirah (semangat).

Selain menyampaikan tentang hal tersebut pada Harlah yang dihadiri ribuan warga NU Kota Metro ini, Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung ini juga memaparkan empat program prioritas PWNU Lampung masa khidmah 2018-2023. Ke empat program tersebut meliputi program pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan dakwah.

Penguatan ekonomi dan pendidikan menurutnya akan dilakukan dengan memaksimalkan potensi besar yang dimiliki warga NU. Pada bidang kesehatan, PWNU Lampung akan melakukan penguatan lembaga kesehatan dengan mendirikan klinik-klinik kesehatan yang nantinya akan di tingkatkan menjadi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama. Sementara untuk bidang dakwah, pihaknya akan melakukan penguatan paham dan amaliah Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah warga NU.

Pada kegiatan yang dipusatkan di halaman kampus IAIM NU Metro ini juga dilakukan pengumuman dan pembagian hadiah Lomba MWC NU Sehat dan TPQ An Nahdliyah Sehat se-Kota Metro. Lomba yang dilakukan untuk memperingati dan memeriahkan Harlah NU ke-95 ini menghasilkan MWC NU Metro Barat sebagai juara pertama, MWC NU Metro Selatan sebagai juara kedua, dan MWC NU Metro Pusat sebagai juara ketiga.(Muhammad Faizin/Sunarto)

Beritahu temanmu dengan membagikannyaShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on YummlyShare on StumbleUponShare on RedditPin on PinterestEmail this to someoneDigg this