IMG-20190220-WA0030

Ketua Fatayat NU Lampung Paparkan 5 Kategori Remaja Berkualitas

PRINGSEWU- Dalam rangka mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas, Komisi IX DPR RI bersama dengan BKKBN melakukan sosialisasi di desa Parerejo kecamatan Gading Rejo dan desa Ganjaran kecamatan Pagelaran kabupaten Pringsewu, Jum’at (15/2/2019).

Hadir dalam acara tersebut para narasumber dari Komisi IX DPR RI yang diwakili oleh Ketua PW Fatayat NU Provinsi Lampung Khalida, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB kabupaten Pringsewu Nazri. Kegiatan tersebut diikuti 250 peserta baik remaja maupun dewasa, organisasi kemasyarakatan, OKP, Pelajar, Penyuluh KB dan warga setempat.

Dihadapan ratusan peserta yang hadir saat sosialisasi, Ketua PW Fatayat NU Provinsi Lampung Khalida menyebutkan 30% dari jumlah penduduk Indonesia saat ini yang masuk dalam kategori remaja berusia 10 – 24 tahun dan belum menikah. Kuantitas jumlah yang besar tersebut harus diimbangi dengan SDM yang berkualitas.

Menurutnya, ada 5 kategori remaja dikatakan berkualitas 1. *Religius*
ini modal dasar dan tidak bisa ditawar lagi.
2. Prilaku hidup sehat
dengan tidak merokok, pergaulan bebas dan menjauhi narkoba.
3. Pendidikan yang dijalani.
Jadilah orang tua yang terbuka berkomunikasi kepada anak untuk memilih tempat sekolah yang dia inginkan, itu artinya anak paham untuk apa dia menempuh pendidikan dan anak punya hak posisi tawar kepada orang tua.
4. Pekerjaan
Remaja sudah berpikir apa yang akan dikerjakan setelah selesai menempuh pendidikan, setidaknya visinya sudah jelas.
5. Menikah
mempunyai persiapan untuk kehidupan berkeluarga yang terencana bagi generasi remaja yang berkualitas, ungkapnya. (Miftah)