Sekretaris PWNU Lampung Aryanto Munawar

Jelang Munas dan Konbes NU, Lampung Jadi Tuan Rumah Sarasehan Kebencanaan

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Sarasehan Kebencanaan Regional Sumatra yang dihelat Pengurus Besar NU. Kegiatan yang merupakan bagian dari Pra-Musyawarah Nasional (munas) dan Konferensi Besar (Konbes) NU tersebut akan berlangsung pada 4-5 Februari 2019 di Whiz Prime Hotel, Bandar Lampung.

Sekretaris Panitia Maskut Candranegara menerangkan, kegiatan skala nasional ini akan diikuti perwakilan PWNU se-Sumatra, pengurus cabang NU se-Lampung, serta badan otonom (banom) dan lembaga NU di Lampung. Pembukaan acara akan berlangsung malam ini, mulai pukul 19.30 WIB.

“Dari PWNU se-sumatera dan PCNU di Lampung masing-masing dua orang. Sementara banom dan lembaga masing-masing mengirim peserta dua orang,” terang maskut dalam siaran persnya, Senin, 4/2/2019.

Materi-materi dalam sarasehan akan diberikan oleh sejumlah pengurus PBNU, NU Peduli, LBI NU, dan NU Care LazisNU, serta pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari BNPB akan hadir memberi materi adalah Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan B Wisnu Widjaja. Sedangkan dari PBNU dan berbagai lembaga antara lain hadir KH Eman Suryaman, dr H Syarizal Syarif MPH PHd, H Baiq Muliana, Irpan Abdul Ghafar, HM Ali Yusuf, dan KH Amhad Sudrajat.

“Mereka akan memberikan materi seputar kebencanaan, respons, dan penanganannya, sekaligus berbagi pengalaman penanganan bencana di berbagai daerah,” lanjut Maskut.

Sekretaris PWNU Lampung Aryanto Munawar mengatakan, tema kebencanaan dipilih mengingat Indonesia, khususnya Sumatra, merupakan wilayah rawan bencana. Karenanya, PBNU menilai penting menjadikan soal kebencanaan sebagai salah satu bahasan dalam Pramunas dan Konbes.

“Lampung didaulat menjadi tuan rumah tak lepas dari musibah bencana tsunami yang melanda wilayah ini dan Banten pada Desember 2018 lalu. Kita pun sama menyadari bahwa Lampung memiliki potensi bencana alam yang besar,” beber Aryanto yang juga ketua panitia kegiatan.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga NU dalam mengantisipasi dan merespons jika bencana datang,” sambungnya.

Khusus bagi PWNU Lampung, perhelatan sarasehan dalam kaitan Pramunas dan Konbes ini menjadi ajang untuk melihat kesiapan pengurus di bawah pimpinan Prof Dr Moh Mukri menghelat acara akbar Muktamar NU pada 2020.

Insya Allah, PWNU Lampung siap menjadi tuan rumah Muktamar NU tahun depan. Ini akan menjadi sejarah tersendiri bagi kira di Lampung,” sambung anggota DPR RI ini.(sunarto)

r