IMG-20190322-WA0073

Istighosah Peringatan Harlah NU ke-96, Besok 5 Ribu Warga Nahdliyyin Bakal Hijaukan Masjid Al Furqon

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung dan Pengurus Cabang (PCNU) Kota Bandar Lampung siap menggelar Istigasah Kubro pada Sabtu pagi besok, 23 Maret 2019, di Masjid Agung Al Furqon. Sekira 5 ribu nahdliyindiperkirakan memadati masjid terbesar di Kota Tapis Berseri tersebut.

Ketua PCNU Bandar Lampung Ichwan Adji Wibowo mengatakan, jemaah yang bakal hadir berasal dari puluhan pondok pesantren di Bandar Lampung, pengurus NU mulai tingkat PWNU, PCNU, MWC, ranting, hingga anak ranting, lembaga, badan, serta warga NU pada umumnya.

“Informasi dari panitia, bisa jadi jemaah yang hadir lebih dari 5 ribu. Ini karena antusiasme nahdliyin untuk hadir dalam acara ini demikian tinggi,” kata Adji dalam siaran persnya, Jumat, 22/3/2019.

Bakal hadir pula Rais Syuriah PWNU Lampung KH Muhsin Abdillah serta jajarannya antara lain KH RM Soleh Bajuri, KH Khairuddin Tahmid (juga Ketua MUI Lampung), KH Ihya Ulumuddin, dan KH Basyaruddin Maisyir.

Kemudian, Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung Prof Dr KH Moh Mukri MAg, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, dan ulama kharismatik Al Habib Umar bin Muhdhor al-Haddad.

Istigasah kubro ini digelar untuk memperingati hari kelahiran (harlah) NU ke-96 yang menurut kalender Hijriah jatuh pada 16 Rajab 1440 H atau 23 Maret 2019. Sedangkan dalam tanggalan Masehi, tahun 2019 ini NU berulang tahun ke-93 pada 31 Januari lalu.

Merujuk instruksi PBNU, kegiatan serupa digelar secara massal dan serentak di seluruh Indonesia. Khusus Lampung, istigasah dilaksanakan di seluruh PC kabupaten/kota hingga tingkat MWC di seluruh kecamatan.

Adji menjelaskan, dalam acara yang dimulai dengan salat subuh berjemaah, juga dilakukan pembacaan tahlil dan selawat Asyghil.

“Melalui istigasah ini, warga NU memanjatkan doa bagi keselamatan bangsa Indonesia, khususnya dalam menyongsong Pemilihan Umum 17 April mendatang,” katanya.

Menurut Adji, besok akan menjadi hari penting bagi umat Islam di Bandar Lampung, khususnya warga NU. Istigasah akan menjadi momentum untuk meneguhkan wajah Islam yang rahmatan lilalamin, Islam yang santun, Islam yang toleran, Islam yang bersahabat, dan Islam yang moderat.

Karenanya, dia menyerukan seluruh nahdliyin di Bandar Lampung untuk hadir dan menyemarakkan istagasah kubro ini.

“Mari kita hadir dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Ajaklah keluarga, sanak famili, tetangga, jemaah masjid musala, dan jemaah majelis taklim. Ayo datang berbondong-bondong untuk menjadi bagian jemaah istigasah massal serentak secara nasional,” imbaunya.

“Bagi seluruh panitia, berjerih payahlah, nikmati kegetirannya, kesusahpayahannya. Dalam keheningan batin rasakan sebagai riyadoh menemui keberkahan,” tutupnya.(sunarto)