IMG-20190224-WA0059

Fatayat NU Lampung Gerakkan Pelatihan KPMD Angkatan X di Tulang Bawang

TULANG BAWANG- Pelatihan Kader Penggerak Masyarakat (KPMD) angkatan X digelar di Desa Purwajaya, Kecamatan Banjar Margo, Tulang Bawang pada Selasa, (12/2/2019).

Pelatihan yang berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 12-16 Februari ini diikuti 30 (tiga puluh) orang peserta yang terdiri dari 4 Kecamatan yaitu Gedong Aji, Banjar Baru, Banjar Agung dan Banjar Margo.

Penutupan kegiatan dihadiri oleh Inspektur Wilayah IV Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Dr. Yusep Fatria, Kepala Bidang Penyelenggara Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Istianto, S.Pd, Ketua PBNU bidang ekonomi Umarsyah HS S.IP, Ketua PW Fatayat NU Provinsi Lampung Khalida, SH., Mediator, PCNU Tulang Bawang, Kepala Desa Purwa Jaya dan Ketua PC Fatayat NU Tulang Bawang Nining Riyanti, SE.

Dalam sambutannya Dr. Yusep Fatria mengatakan keberadaan KPMD sangat dibutuhkan dalam pembangunan desa dengan melibatkan semua pihak sekaligus juga sebagai mitra bagi pendamping profesional dari Kementerian Desa.

” Keberadaan desa saat ini menjadi figur yang seksi (menarik) dengan kucuran dari dana desa untuk pengembangan hasil pertanian dan perkebunan seperti singkong, karet, sawit dan lain lain melalui program penguatan ekonomi seperti Bumdes, Embung dan sebagainya, oleh karena itu KPMD harus hadir menjadi pioner garda terdepan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa dengan syarat tercipta komunikasi dan koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat “, tegasnya.

Ketua PW Fatayat NU provinsi Lampung, Khalida mengapresiasi kegiatan yang mengikutsertakan keterlibatan organisasi masyarakat yaitu Fatayat NU sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

” Dengan diadakannya pelatihan KPMD ini akan tercipta kader-kader penggerak yang mampu memberikan energi baru bagi masyarakat desa, karena seyogyanya KPMD adalah bagian dari masyarakat desa itu sendiri, dan mereka selama pelatihan ini sudah dibekali ilmu bagaimana memahami karakter masyarakat desa, pemetaan masalah, langkah langkah dan sebagainya yang harus dilakukan dengan merujuk pada skala prioritas dalam membangun desa, insya Allah keberadaan KPMD ini akan sangat bermanfa’at bagi pembangunan desa”, ungkapnya. (Lilis)