IMG-20190407-WA0004

Delegasi UIN Lampung Terpilih Menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits Se-Indonesia (FKMTHI) wilayah Sumatera Raya

BENGKULU- FKMTHI Sumatera Raya merupakan salah satu kepengurusan yang memiliki wilayah terluas dari seluruh FKMTHI se-nusantara yang ada. Pasang surut kepengurusan telah banyak dilalui dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.
Untuk ketiga kalinya Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits se-Indonesia (FKMTHI) Wilayah Sumatera Raya sukses melaksanakan Seminar Nasional & Musyawarah Wilayah (MUSWIL) ke-III pada tanggal 02-04 April 2019 kemarin di IAIN Bengkulu sebagai tuan rumah. Pelaksanaan muswil dilaksanakan secara khidmat dan meriah berkat kerjasama panitia dan seluruh peserta Muswil ke-III.
Muswil ke-III ini dihadiri 13 Perguruan Tinggi Islam yang mencakup 18 HMJ dari Program Studi IAT/IH/TH se-sumatera serta Ketua Umum PP FKMTHI Ach. Sayuthi, Bendahara Umum PP FKMTHI Efry Nasution dan Ketua Korwil FKMTHI Sumatera Raya Aminata Zahriata. Pada hari pertama diadakan Seminar Nasional dengan tema “Reinterpretasi Tafsir Kepemimpinan di Era Millenial dalam Menghadapi Tahun Politik” yang dinarasumberi oleh Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, MA seorang pakar Hermeneutik dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag selaku Guru Besar di Kampus Hijau IAIN Bengkulu.
Adapun pada hari kedua, bertempat di Asrama Haji Kota Bengkulu dilaksanakan pemilihan ketua Korwil FKMTHI Sumatera Raya periode 2019/2020 yang di bahas pada Sidang Pleno dan Sidang Komisi. Hasil surat suara dari sidang Pleno mencetuskan dua nama calon kandidat ketua yang diantaranya ialah saudara Asep Hidayattulloh dari UIN Raden Intan Lampung dan saudara Salman Fazli dari UIN Imam Bonjol Padang.
Asep Hidayattulloh berhasil memenuhi syarat dan terpilih menjadi Ketua Korwil FKMTHI Sumatera Raya setelah bersaing ketat dengan Salman Fazli yang disaksikan oleh 18 delegasi HMJ dan pengurus demisioner FKMTHI Sumatera Raya. Rasa bangga dan apresiasi seluruh peserta Muswil menggema ruang Aula Asrama Haji Kota Bengkulu saat itu.
Usai acara, Ketua Korwil FKMTHI Sumatera Raya yang baru menyampaikan harapannya bahwa ia yakin rekan-rekan FKMTHI Sumatera Raya memiliki harapan dan tujuan yang sama yaitu memajukan FKMTHI Sumatera Raya, dan seluruhnya dapat bersinergi baik dari senior, pengurus demisioner maupun seluruh anggota FKMTHI Sumatera Raya. Ketua demisioner Aminata Zahriata sendiri sangat berharap FKMTHI Sumatera Raya semakin berkembang, maju, dan bermanfaat yang lebih untuk NKRI.(Sunarto)