IMG-20190511-WA0045

Adakan Kuliah Ramadhan, Cara Ma’had Jami’ah UIN Lampung Hidupkan Suasana Ramadhan

BANDAR LAMPUNG- Ramadhan memang menjadi penantian seluruh umat muslim di penjuru dunia. Keberkahan Ramadhan mampu mengayuh semangat umat muslim menyajikan pelayanan-pelayanan kebaiakan kepada siapa saja yang mungkin sebelumnya tidak saling kenal.

Euforia Ramadhan juga begitu terasa di lingkungan Mahad Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Menghidupkan susasan Ramadhan siang dan malam penuh sukacita dengan menggelar Kuliah Ramadhan.

Kuliah Ramadhan ini, bukan kali pertamanya dilakukan. Menjadi tahun ke-tujuh agenda ini akan diikuti oleh seluruh Mahasantri semester dua dengan jumlah 215 peserta, yang akan berlangsung selama satu minggu terhitung pada hari Sabtu, tanggal (11/5). Nadya Amalia Juna, selaku Ketua Pelaksana menuturkan “Kuliah Ramadhan ini bertujuan untuk menyambut Ramadhan dengan suka cita serta mengisinya dengan kegiatan ilmiah dan diniya,”

Sebagaimana tradisi dahulu, surau-surau dan masjid-masjid ramai terdengar suara tadarus Al-Qur’an. Hal tersebut turut dikatakan oleh Pimpinan Ma’had Ustad Kamran As’at Irsyad “Dengan penuh syukur dan sukacita menghidupkan siang dan malam Ramadhan agar hidup menjadi lebih berkah dan semakin dekat kepada Allah SWT,” ujarnya.

Adapun pokok pembahasan Kuliah Ramadhan yakni materi tafsir ayat-ayat puasa, psikologi puasa,akhlak ramadhan, ru,ya dan hisab Ramadhan, puasa dan kesehatan, fitsafat Ramadhan, aspek ekonomi Ramadhan, serta kajian kitab.

“Saya bangga dengan dengan Mahad, berperan aktif mengkader generasi UIN menjadi lebih berakhlak. Maka untuk itu, saya sampaikan lewat forum ini ikutilah kegiatan ini dengan baik jadilah kader muslim yang berakhlakul karimah,” tutup Prof. Dr. Syaiful Anwar, selaku Wakil Rektor tiga bidang kemahasiswaan pada sambutannya.(Tika)